BIMTEK SIMDA KEUANGAN

BIMTEK SIMDA KEUANGAN

Pengelolaan keuangan daerah merupakan hal yang sangat dan sangat penting karena manakala pengelolaan keuangan daerah tidak sesuai dengan aturan yang berlaku akan mengakibatkan banyak persoalan yang menjadi temuan oleh aparat pengawasan, baik itu temuan karena kelalaian, ketidaktahuan dan ketidakmampuan, sehingga tidak jarang akhirnya berujung ke proses hukum yang seharusnya hal tersebut tidak terjadi. Untuk itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengelaolaan keuangan khusunya di lingkungan satuan kerja pengelola keuangan daerah yang berada pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

BPKP sebagai mitra pemerintah daerah dalam implementasi Aplikasi SIMDA diharapkan dapat memfasilitasi pemerintah daerah dalam tata kelola keuangan yang sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan auditable. Di era yang yang serba elektronik tentunya pengelolaan keuangan tidak akan lepas dari sistem informasi yang sangat membantu pengelola keuangan dalam melaksnakan tugasnya. BPKP telah mengembangkan sistem pengelolaan keuangan daerah yang dikenal dengan SIMDA Keuangan yang telah disesuaikan dengan ketentuan dan telah dilakukan audit terhadap aplikasi SIMDA Keuangan, tentunya dapat menjadi sarana belajar lebih banyak tentang pengelolaan keuangan yang langsung dari praktek/learning by doing.

Sebagai pengelola keuangan tentu juga dibutuhkan pengetahuan tata kelola keuangan dari perspektif auditor. dengan ini untuk memberikan rasa keyakinan pengelola keuangan bahwa yang dilakukan telah benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka kami MTC Indonesia akan mengadakan bimtek tentang : “Pengelolaan Keuangan Daerah Dengan Aplikasi Simda Keuangan"

Maksud dan tujuan Bimtek ini Dalam rangka memberikan pemahaman tentang pengelola keuangan daerah yang baik dan benar kepada pejabat di lingkungan SKPKD yang tidak semuanya mengetahui tentang tata kelola keuangan daerah baik sebagai PPK, PPTK, Bendahara Pengeluaran maupun staf pengelola keuangan, Serta Membantu Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan SDM pengelola keuangan khususnya di lingkungan SKPKD/BPKAD sebagai tolak ukur pengelolaan keuangan daerah Diharapkan nantginya pengelola keuangan di tingkat OPD dapat melakukan konsultasi pengelolaan keuangan kepada SKPKD/BPKAD dan dapat dilayani oleh seluruh pejabat yang ada di SKPKD/BPKAD.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah Bimbingan Teknis kepada pejabat dan pengelola keuangan Sekaligus sebagai pengenalan terhadap aplikasi SIMDA Keuangan untuk mempermudah dalam memahami tata kelola keuangan daerah. Dalam Bimbingan Teknis ini diharapkan peserta dapat memahami antara lain sebagai berikut :

Sumber : https://lkn-otda.com/bimtek-simda-keuangan-detail-408586