BIMTEK KEUANGAN

BIMTEK KEUANGAN

Kinerja Pengelola keuangan yang efektif dan efisien bagi sebuag instansi/instusi merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan oleh Pengelola. Pemahaman yang memadai tentang aspek manajemen, terutama keuangan, agar sistem yang sudah ada dapat berjalan dengan baik. Dalam kaitannya dengan Pengelola Keuangan, diperlukan sumber daya yang kompeten dan memiliki kecapakan akuntansi dan audit yang cukup guna melakukan pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan keuangan, mampu meneliti pencacatatan dan pembukaan serta laporan yang dapat dipertanggungjawabkan sesui Undang – Undang dan Peraturan yang berlaku.

 

Salah satu cara yang efektif untuk membantu meningkatkan kinerja keuangan bagi pengelola keuangan adalah melalui pelatihan, diklat keangan atau bimtek keuangan. Pelatihan ini disusun untuk mengarahkan peserta pada penguasaan pengelolaan keuangan yang baik agar mampu melakukan perencanaan keuangan dan anggaran, pengendalian, pemeriksaan, dan pelaporan. Pelatihan dapat memberikan perubahan yang nyata, memfasilitasi dan memungkinkan Pengelola keuangan untuk  memperluas dan mengembangkan kemampuan khususnya dibidang manajemen keuangan. Pelatihan yang akan dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan kinerja keuangan pada pengelola adalah menggali permasalahan yang muncul dalam pengelolaan keuangan. 

Bегіkυt kami lampirkan јаԁwаӏ mаtегі pilihan kegiatan pada Bimtek Kеυаngаn SеЬаgаі bahan регtіmЬаngаn, antara lain :

1. Diklat Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2021

2. Peraturan Menteri Kuangan Nomor 78 / PMK.02 / 2019 Tentan Standar Biaya Masukan (SBM) Tahun Anggaran 2020 Sosialisasi dan Implementasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2020

3. Bimtek Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran (PA),PPTK, PPK Dan Bendahara.

4. Diklat Keuagan Daerah PP 12 tahun 2019 

5. Sosialisasi Implementasi Transaksi Non Tunai Dalam Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah

6. Bimbingan Teknis Penyusunan APBD 2021 Sesuai Permendagri No. 64 Tahun 2021

7. Bimbingan teknis Mekanisme pelaksanaan dan perhitungan dana transfer ke daerah, (dana perimbangan dan lain lain pendapatan daerah)

8. Diklat Penyusunan RBA BLUD Tahun Anggaran 2020

9. Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Korelasi Penyajian Laporan Barang Milik Daerah dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 

10. Peran Pemerintah Daerah, DPRD serta SKPD dalam Mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

11. Diklat Penguatan Fungsi Pejabat Pengelola Keuangan Daerah

12. Bimtek Proyeksi Pendapatan dan Kebijakan Penganggaran

13. Bimtek Verifikasi Dan Rekonsiliasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara

14. Bimtek Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas Berdasarkan Permendagri No. 16 Thn 2013

15. Bimtek Tata Cara Penyusunan RKA dan DPA Instansi Pemerintah

16. Bimtek Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara serta Penyampaiannya

17. Bimtek Tata Cara Pegadaan Pinjaman Luar Negeri & Penerimaan Hibah (PP No.10 THN 2011)

18. Bimtek Tata Cara Menghitung Biaya Iuran, Klaim Dan Pemberian Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Berdasarkan PP No.70 Tahun 2015.

19. Bimtek Standarisasi Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) Sosialisasi Perpres No. 10 Tahun 2015 tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Mekanisme Pengalokasian Pengalokasian Anggaran Transfer ke Daerah 

20. Bimtek Sosialisasi Pedoman Umum Penyusunan APBDBimtek Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah & Strategi Mengahadapi Audit dalam Penyusunan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan berdasarkan Standar Akutansi Pemerintah

21. Bimtek Review Laporan Keuangan Daerah Sesuai Dengan Permendagri No. 4 Tahun 2008

22. Bimtek Tata Cara Penyusunan Laporan dan Pertanggungjawaban Bendahara dan Tata Cara Penyusunan Laporan Keuangan 

23. Bimtek Penyusunan Neraca Awal Dan Akhir Pemerintah Daerah

24. Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Berbasis Akrual (Pp No.71/2010 & Permendagri No.64/2013)

25. Bimtek Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU)

26. Diklat Penerapan Program Aplikasi Simda Keuangan Versi 2,7 berbasis Akrual dilingkungan Pemerintah Daerah dan satuan kerja perangkat Daerah (SKPD)

27. Diklat Pengelolaan Keuangan Desa

28. Bimtek Pedoman Tekhnis Pemberian Dana Hibah Dan Bantuan Sosial 

29. Bimtek Pedoman Penyusunan Dan Pengendalian Renja SKPD dan RKPD

30. Bimtek Mekanisme Pengelolaan Hibah (PMK Nomor 191/PMK.05/2011)

31. Bimtek Manajemen Pengelolaan Keuangan Pajak Dan Retribusi Daerah serta Kedudukan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB )

32. Bimtek Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)

33. Bimtek Strategi Mengahadapi Audit Dalam Penyusunan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Berdasarkan Standar Akutansi Pemerintah (Sap) Serta Teknis Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan

34. Bimtek Kеbіјаkаn Pегјаӏаnаn Dіnаѕ ԁаӏаm Negeri bagi Penyelenggaraan Pеmегіntаһаn Dаегаһ ԁаӏаm APBD 2021.

Jika anda ingin mengikuti pelatihan sesuai dengan info bimtek Keuangan yang telah kami buat maka silahkan langsung saja konfirmasi, atau jika ada permintaan khusus mengenai waktu dan tempat pelatihan maka bisa diskusikan dengan team kami.




Menerima Permintaan Kegiatan Bimtek, Diklat, Workshop Dan Studi banding Bagi Pemda, SKPD Dan Aparatur Desa, dapat disesuaikan berdasarkan permintaan bisa request tema dan tempat.


Sumber : https://lkn-otda.com/bimtek-keuangan-detail-407925