BIMTEK PKK PERANAN PEREMPUAN

Pemberdayaan masyarakat merupakan Kebijakan strategis bagi proses pembangunan manusia secara berkesinambungan. Di era pelaksanaan otonomi yang luas, nyata dan bertanggungjawab diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan kepada masyarakat, pemberdayaan dan partisipasi masyarakat serta peningkatan daya saing daerah. Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mempunyai peran penting dan sekaligus mempunyai peluang yang sangat besar untuk memberdayakan masyarakat dan keluarga terutama kaum perempuan. Program-program pemberdayaan keluarga mengacu pada 10 program Pokok PKK secara dinamis dikembangkan oleh Tim Penggerak PKK mulai dari Kegiatan PKK yang merupakan bagian dari Pembangunan Nasional yang terus menerus selaras dengan dinamika pembangunan. Kegiatan PKK di daerah merupakan bagian integral dari kegiatan PKK secara Nasional, yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu di setiap Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan sampai kelompok-kelompok PKK dan Dasawisma.

Pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang kualitas hidupnya masih perlu ditingkatkan utamanya terkait dengan pemenuhan kebutuhan gizi keluarga. Demikian pula masih terbatasnya pengetahuan, pendidikan dan keterampilan masyarakat khususnya kaum perempuan. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, PKK sebagai gerakan yang sudah mengakar di masyarakat mempunyai peran yang sangat besar. Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 bahwa desa betul-betul diberikan kewenangan dan anggaran yang cukup besar, maka PKK harus mengambil bagian peran untuk mendapatkan dukungan dana desa atau APBDes pada umumnya. Untuk itulah pengurus TP PKK harus mampu menyusun perencanaan dan penganggaran dalam 10 program pokok PKK dengan memperhatikan visi dan misi kepala desa diharapkan dituangkan ke dalam bentuk proposal dilampiri kebutuhan anggarannya sebagai bahan mengikuti musyawarah perencanaan pembangunan desa agar usulan TP PKK tersebut bisa dimasukkan dalam RPJMDes dan didukung dengan anggaran dari APBDes secara proporsional sehingga program-program Tim Penggerak PKK akan semakin meningkat.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka kami bekerjasama Tim Pengajar TP PKK Kemendagri siap memfasilitasi Pelatihan/Bimtek Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP - PKK) dengan Tema : Pemberdayaan Masyarakat Oleh Gerakan Pkk Serta Peranan Perempuan Berkualitas Di Segala Bidang Dalam Mewujudkan Pembangunan Di Daerah